Unsur Ekstrinsik Cerpen Lengkap


UNSUR EKSTRINSIK CERPEN

Unsur ekstrinsik cerpen merupakan unsur - unsur pembentuk yang berada pada luar cerpen . Unsur ekstrinsik cerpen tidak bisa lepas dari kondisi masyarakat saat cerpen tersebut dibuat. Unsur ekstrinsik ini sangatlah berpengaruh terhadap penyajian nilai serta latar belakang dari cerpen itu sendiri. Dibawah ini akan dijelaskan unsur - unsur ekstrinsik cerpen lengkap sebagai bahan tambahan pengetahuan kita.



Unsur Ekstrinsik Cerpen Lengkap

Unsur ekstrinsik Cepem adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra. Unsur ekstrinsik meliputi:
1. Latar belakang masyarakat
2. Latar belakang kehidupan pengarang
3. Nilai-nilai dalam cerita (agama, budaya, politik, ekonomi)
           
A. LATAR BELAKANG MASYARAKAT

Pengaruh kondisi latar belakang masyarakat sangat lah besar terhadap terbentuknya sebuah cerpen. Pemahaman itu bisa berupa pengkajian :
 
  1. Ideologi negara
  2. Kondisi politik
  3. Kondisi sosial
  4. Hingga kondisi ekonomi masyarakat.
B. LATAR BELAKANG PENGARANG

Latar belakang pengarang bisa meliputi pemahaman kita terhadap sejarah hidup dan juga sejarah hasil karangan - karangan sebelumnya. Latar belakang pengarang dapat terdiri dari:

  1. Biografi
    Biografi ini berisi tentang riwayat hidup si pengarang yang ditulis secara keseluruhan
  1. Kondisi Psikologis
    Kondisi psikologis ini berisi tentang pemahaman mengenai kondisi mood serta keadaan yang mengharuskan seorang pengarang menulis cerpen
  1. Aliran Sastra
    Seorang penulis pasti akan mengikuti aliran sastra tertentu. Ini sangat berpengaruh terhadap gaya penulisan yang dipakai penulis dalam menciptakan sebuah karya.
  
C. NILAI - NILAI DALAM CERITA (agama, budaya, politik, ekonomi)
Nilai yang terkandung adalah salah satu unsur penting di dalam sebuah karya sastra. Nilai – nilai tersebutlah yang akan diambil oleh pembaca sebagai rangkuman isi dari karya penulis.

  1. Nilai Agama
    Nilai agama yaitu nilai-nilai dalam cerita yang sangat berkaitan dengan ajaran yang berasal dari agama.
  1. Nilai Moral
    Nilai moral merupakan nilai-nilai dalam cerita yang sangat berkaitan dengan akhlak atau etika. Nilai moral dalam sebuah cerita bisa jadi nilai moral yang baik, bisa juga nilai moral yang buruk/jelek.
  1. Nilai Budaya
    Nilai budaya merupakan nilai-nilai yang berkenaan dengan kebiasaan/tradisi/adat-istiadat yang berlaku pada suatu medan/daerah.