Pengertian Paragraf Lengkap Dengan Definisi nya

Paragraf memiliki banyak pengertian, bila kamu sedan mencari apa saja pengertian – pengertian dari paragraph tersebut, tapat sekali kamu datang ke website ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pengertian dari Paragraf Lengkap Beserta Definisi – Definisi nya.

Ingat, kalo mau cari contoh – contoh semua jenis dari paragraph, berkunjung aja ke website Obatkafe.blogspot.com



Langsung aja …

  1. Paragraf atau alinea merupakan gabungan dari beberapa kalimat yang saling berkaitan dan membentuk sebuah gagasan.

  1. Paragraf adalah kelompok kalimat yang saling berhubungan untuk membentuk sebuah ide. Sehingga paragraf juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan pernyataan penulis sebagai suatu kumpulan pernyataan penulis sebagai suatu unit atau kesatuan dalam pengembangan persoalannya.

  1. Paragraf merupakan kesatuan yang lebih tinggi atau lebih luas daripada kalimat.

  1. Paragraf adalah unit pikira atau perasaan yang biasanya tersusun atas beberapa unit (kalimat) dan bertindak sebagai bagian dari unit yang lebih besar, yaitu wacana.

  1. Paragraf juga bisa diartikan sebagai bagian tulisan yang lebih panjang, sekelompok kalimat yang berhubungan secara logis-disusun dari bagian-bagian yang menyatu dan didasarkan pada satu topik tunggal.

  1. Paragraf adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Paragraf umumnya terdiri atas beberapa kalimat. Kalimat-kalimat itu saling bertalian dengan mengusung seuah gagasan tertentu.

  1. Paragraf adalah satuan bahasa yang mengandung ide untuk mengungkapkan buah pikiran yang dapat berupa satu atau beberapa kalimat.

  1. Paragraf adalah rangkaian kalimat yang disusun secara sistematis dan logis sehingga membentuk kesatuan pokok pembahasan.

  1. Paragraf adalah rangkaian kalimat yang disusun secara berurutan sehingga membentuk satu pikiran utama. Dalam paragraf terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas.  


Setelah pengertian paragraph tadi, sekarang saat nya saya akan memberitahukamu apa – apa saja definisi dari paragraf itu.

Di setiap paragraf harus memuat dua bagian penting, yakni :

1. Kalimat Pokok
Biasanya diletakkan pada awal paragraf, tetapi bisa juga diletakkan pada bagian tengah maupun akhir paragraf. Kalimat pokok adalah kalimat yang inti dari ide atau gagasan dari sebuah paragraf. Biasanya berisi suatu pernyataan yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat lainnya dalam bentuk kalimat penjelas.

2. Kalimat Penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberikan penjelasan tambahan atau detail rincian dari kalimat pokok suatu paragraf.

§                       Bagian – Bagian Suatu Paragraf yang Baik
1.                     Terdapat ide atau gagasan yang menarik dan diperlukan untuk merangkai keseluruhan tulisan.
2.                     Kalimat yang satu dengan yang lain saling berkaitan dan berhubungan dengan wajar.
§                       Syarat paragraf agar menjadi padu ada tiga, yaitu

1. Kepaduan paragraf
Terdapat dua jenis kata penghubung, yaitu kata penghubung intrakalimat dan kata penghubung antarkalimat. Kata penghubung intrakalimat adalah kata yang menghubungkan anak kalimat dan induk kalimat, sedangkan kata penghubung antarkalimat adalah kata yang meghubungkan kalimat yang satu dengan yang lainnya.

Contoh :
§                       penghubung intrakalimat : karena, sehingga, tetapi, sedangkan, apabila, jika , maka, dan lain – lain.
§                       Penghubung antarkalimat : Oleh karena itu, jadi, kemudian, selanjutnya, bahkan, dan lain – lain.
§                        
2. Kesatuan paragraf
Kalimat utama yang diletakkan di awal paragraf dinamakn Paragraf deduktif, sedngkan di akhir paragraf disebut paragraf induktif

3. Kelengkapan paragraf
Terdapat kalimat penjelas secara lengkap
§                       Beberapa pengembangan paragraph yaitu terdiri :

1. Cara Pertentangan
Pengembangan paragraf ini menggunakan ungkapan-ungkapan dengan cara pertentangan seperti, berbeda dengan, akan tetapi, dan lain – lain.
Contoh :
Tono ingin sekali mengikuti pertandingan balap sepeda, akan tetapi dia tidak mempunyai sepeda.

2. Cara Perbandingan
Paragraf dengan cara perbandingan ini biasanya menggunakan ungkapan seperti, serupa dengan, seperti halnya, akan tetapi, sementara itu, dan lain – lain.
Contoh :
Setelah berhasil dengan gemilang mengorbitkan Bin Laden sebagai seorang pahlawan dan dermawan, Taliban sekarang kesulitan untuk memissahkan diri. Sementara itu, washington menginginkan Bin Laden diadili karena dituduh terlibat dalam peledakkan kedutaan besar AS di kenya dan Tanzania pada agustus 1998 yang memakan korban 200 orang lebih.

3. Cara Analog
Kata – kata yang digunakan yaitu ibarat, seperti, bagaikan, dan lain – lain.
Contoh :
Hidup itu bagaikan roda berputar seperti halnya kehidupan manusia. Yang selalu bergulir terkadang ada dia atas terkadang ada di bawah.

4. Cara – cara Contoh
Menggunakan kata – kata contoh seperti misalnya.
Contoh :
Menurut Gamawan Fauzi, seharusnya aparat pemerintah mempermudah pengurusan ijin. Sebab dengan diperolehnya ijin, misalnya Surat Ijin Tempat Usaha (SITU), maka terbuka sebuah usaha yang menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga.

5. Cara Sebab – akibat
Kata – kata yang digunakan seperti padahal, akibat, karena, dan lain – lain.
Contoh :
Bin Laden dengan brigade 055 yang tangguh di medan perang dan jaringan global ”Al-Qaeda”-nya menjadi momok sang polisi dunia. Bin Laden dan jaringannya identik dengan teror yang dapat melecehkan superioritas negara adidaya tunggal ini, karena itu harus diabisi sampai ke akar – akarnya.

6. Cara Definisi
Kata – kata yang digunakan seperti adalah, yaitu, dan lain – lain.
Contoh :
Paragraf adalah suatu bagian dari bab pada sebuah karangan atau karya ilmiah yang mana cara penulisannya harus dimulai dengan baris baru

7. Cara Klasifikasi
Kata – kata ungkapan yang lazim digunakan seperti dibagi menjadi, terbagi menjadi.
Contoh :
Menurut Oliver Curry, seorang pakar evolusi dari London School of Economic, spesies manusia akan terbagi menjadi dua, yaitu; golongan elit dan golongan terbelakang.