Contoh Sipnosis Lengkap Dengan Langkah dan Pengertiannya


Contoh-contoh Sinopsis

Kali ini saya akan memberikan kamu 2 contoh sinopsis mudah untuk kamu pahami dan kamu segera dapat membuat synopsis dengan bagus dan professional.

Sebelum saya berikan Contoh – Contoh Sinopsis, kamu akan saya kasih tahu dulu pengertian dan langkah – langkah membuat synopsis itu .



Pengertian

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.

Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.

Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Langkah-langkah Membuat Sinopsis :

  1. Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.

  2. Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan - gagasan yang penting.

  3. Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada

  4. langkah ke 2. Kita gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.

  5. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.

  6. Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.
  

Langsung aja kita ke contoh – contoh synopsis nya.


Contoh 1




Sinopsis Novel Menggapai Matahari : 

Sepenggal kalimat di atas merupakan nasihat Arab yang sudah tak asing lagi di kalangan santri. Kaum muda memang memiliki peranan penting dalam meraih kesuksesan. Hal itulah yang disadari Adnan Kasimun, seorang putra Jawa kelahiran Sumatra. Ia percaya kesuksesan bukanlah ladang asing yang tak terjangkau. Terlahir di keluarga yang miskin ilmu dan harta tidak lantas menjadikan Adnan berpangku tangan menerima takdir kemiskinan. Ia sepenuhnya yakin nasib seseorang tidak akan berubah jika bukan dia sendiri yang mengusahakannya.


Berbekal tekad dan harapan meraih cita-cita menjadi sarjana pertama dalam keluarganya, Adnan pun hijrah meninggalkan kampung halaman. Dari pedalaman Sumatra Utara ia berkelana ke berbagai tempat, dari Kisaran ke Tapanuli, bahkan hingga ke Pare. Menuntut ilmu dari satu pondok pesantren ke pondok pesantren lainnya, berkutat dengan pekerjaan kuli demi memenuhi kebutuhan hidup. Menelan duka, menyeka air mata, dan memendam rindu semata-mata demi mengangkat harkat keluarga. Tak dinyana, kenyataan tak seindah harapan. Mampukah Adnan bertahan di tengah gerus kehidupan yang keras ini?


Untuk saat ini hanya 6 novel terbaru diatas yang bisa saya bagi untuk anda, sebenarnya masih banyak lagi Sinopsis novel terbaru yang bisa anda simak seperti Only a Girl Menantang Phoenix, Mama Aku Harus Pergi, The Queen of a thousand souls, Sejuta Do'a untuk Gus Dur, Amore: Sleepaholic Jatuh Cinta, Keberangkatan, Mendadak Pahlawan, Selusin Ramadhan Setahun, dan lain-lain yang nantinya juga akan saya berikan kepada anda disini.

                                                                                                                      



Contoh 2





SINOPSIS SINGKONG DAN KEJU:


Joko, 13 tahun, baru lulus SD, meninggalkan desa Pajangan, sahabat, dan keluarganya untuk bersekolah di Surabaya. Ia tinggal bersama nenek dan kakek Johan, sahabat mendiang kakeknya, Alm. Kusnadi. Selain itu, ia bersahabat dengan Dini, cucu kakek Johan yang tinggal serumah dengannya.


Joko dan Dini menjadi dua sahabat, mereka bersekolah di SLTP Negeri 1 Bungurasih, Surabaya. Di SLTP tersebut mereka bertemu dengan Danu dan Nela, dua anak orang kaya yang tidak menyukai kehadiran Joko dan berusaha memisahkan dari Dini. Joko merebut simpati Dini dan teman-teman sekelasnya karena kepolosan dan kepintarannya.


Suatu saat Joko bertanding sepakbola melawan tim si Danu, Joko berhasil memenangkan pertandingan walaupun dicurangi Danu. Kejadian berlanjut, Danu mendapat nilai jelek di ulangan matematika sementara Joko dan Dini mendapat angka yang tinggi. Kesal karena merasa diremehkan, Danu menantang Joko untuk duel satu lawan satu. Duel dilerai oleh guru tetpi Danu berusaha mempermalukan Joko terus menerus.


Sampai suatu saat, Danu dan Nela ditodong penjahat di Plasa Tunjungan. Joko yang melihat kejadian tersebut berusaha menolongnya. Dengan ilmu silat dan kelincahannya, Joko berhasil menggagalkan penodongan tersebut. Danu dan Nela merasa menyesal, mereka meminta maaf dan membentuk