Contoh Puisi Bermajas Perbandingan Lengkap Dengan Pengertian


Pada Kesempatan kali, saya akan memberitahu kamu contoh puisi majas perbandingan lengkap dengan pengertian Majas Perbandingan itu sendiri.

Bila kamu mempunyai pertanyaan tentang contoh puisi majas perbandingan yang saya berikan, kamu bisa mengirim pertanyaan itu melalui facebook.
  

Tidak terlalu banyak contoh puisi bermajas perbandingan yang saya ketahui. Kali ini saya hanya bisa memberikan 1 contoh saya kepada kamu



Majas Perbandingan adalah “Kata-kata berkias yang menyatakan perbandingan untuk meningkatkan kesan dan pengaruhnya terhadap pendengar atau pembaca”


Jakarta

(Husni Djamaludin, Jakarta, 22 Juni 1990)

jakarta adalah biskota

yang berjubel penumpangnya

bergerak antara kemacetan jalan raya

dan terobosan-terobosan tak terduga 
------------------------------------------
jakarta adalah bos besar

gajinya sebulan empat milyar adapun yang babu

tinggi sudah empat puluh ribu jakarta adalah rumah-rumah kumuh

yang mengusik tata keindahan gedung-gedung pencakar langit
------------------------------------------
jakarta adalah gedung-gedung pencakar langit

yang mencakar wajah-wajah kemiskinan rumah-rumah kumuh
------------------------------------------
jakarta adalah computer

yang mengutak-atik angka-angka nasib

dan memutar nasib angka-angka
------------------------------------------
jakarta adalah ciliwungsungai keringat dan mimpi rakyatnya

disitu pula mengalir air mata ibukota