Cara Mengenalkan Musik pada Anak

Cara Mengenalkan Musik pada Anak
Cara Mengenalkan Musik pada Anak. Orang tua akan bangga bila anaknya memiliki bakat tertentu, salah satunya dunia seni yang terdiri dari musik. Pada waktu masih kecil ilmu yang diberikan pada anak kecil dapat dengan mudah ia menangkapnya dan mampu diingat hingga besar nantinya. Orang tua dapat mengajari dunia musik kepada anaknya dengan berbagai cara.


Berikut ini cara yang tepat untuk Mengenalkan Musik pada Anak:

  • Orang tua perlu membiasakan anak mendengarkan musik dari berbagai genre: pop, klasik, reaggae, jazz, musik etnis dan sebagainya.
  • Buatlah sebuah ruang khusus atau spot khusus untuk alat musik yang dibuat sendiri
  • Ajak anak menyanyi mengikuti bunyi-bunyian siulan, bisa juga dengan cara tebak lagu dari lagu yang diisiulkan.
  • Kenalkan ritme dari setiap aktivitas yang dilakukan Anda bersama anak. Misalnya ritme dan ketukan saat berlari, berjalan, suara memukul palu, suara – suara lain yang berirama.
  • Anak sejak dini perlu diperkenalkan alat musik instrument dan biarkan ia memainkan alat tersebut dengan bebas agar anak memiliki daya kreativitas untuk menentukan nada
  • Seringlah mengajak anak melihat pertunjukan atau konser musik baik klasik maupun pop. Meskipun ini cukup membosankan namun hal ini cukup merangsang daya pendengaran anak mengenali permainan musik
  • Ikut sertakan anak dengan kursus musik. Jika anak masih berusia balita tidak perlu dibekali alat musik khusus. Cukup diajak mendengarkan dan belajar nada dari mulai tingkat yang sederhana. Banyak tempat kursus musik memiliki ciri khas metode pengajaran. Misalnya metode yang diterapkan Suzuki yakni melatih ingatan anak memainkan nada dari suatu alat musik. Selain itu juga ada metode Kodaly, Orff dan Dalcroze, metode ini lebih mengacu pada gerakan tubuh, improvisasi dan latihan suara dengan xylophone.

Sambil anak belajar dunia musik dan instrumennya, orang tua juga bisa mengajak anak untuk menciptakan musik dari nadanya sendiri. Meskipun masih bersifat sederhana tapi bisa membantu mengasah kemampuan musik anak dengan cepat. Berikut caranya:
  • Latih menghasilkan nada, tidak perlu menggunakan alat musik khusus namun bisa dengan peralatan dapur yang dipukul-pukul
  • Ciptakan musik perkusi dengan botol berisi biji-bijian. Jika Anda mendendangkan lagu ajak anak untuk mengiringinya dengan botol tersebut.
  • Menciptakan alat musik juga bisa dengan gelas – gelas yang diisi separo kemudian pukul pinggiran gelas dengan sendok. Musik akan tercipta dari alat tersebut.

Banyak penelitian membuktikan bahwa mengenalkan anak pada dunia musik akan semakin mengasah kecerdasan otak. Mengenalkan musik tidak bisa langsung mengenalkannya saja namun perlu persiapkan agar anak merasa akrab dengan dunia musik. Cara Mengenalkan Musik pada Anak